Febriani
Ega P.
12212856
3
EA 24
INOVASI
MOTOR MATIC HONDA
Perkembangan
industri otomotif akhir akhir ini mengalami kemajuan pesat terlihat tingginya
nilai penjualan otomotif. Hal ini disebabkan karena tingginya permintaan
konsumen yang mendorong sebuah produsen membuat inovasi yang baru serta
mempunyai daya beli masyarakat yang tinggi, semakin beraneka ragam kebutuhan
manusia serta semakin berkembang teknologi yang ada. Mendorong perusahaan-perusahaan
industri otomotif untuk mendesain hasil pabrikannya agar sesuai di hati
konsumen. Perusahaan di era globalisasi harus dapat meningkatkan mutu agar bisa
mempertahankan posisinya di tengah persaingan industri otomotif yang ada
sekarang ini.
PT.
ASTRA HONDA MOTOR ( AHM ) adalah perusahaan yang bergerak dibidang Industri
otomotif dan spareparts motor Honda, tetapi dalam skripsi ini menekankan pada
varian Honda yang berjenis skuter matic Honda Vario CBS techno, pada tahun 2009
akhir produk skuter matic ini di keluarkan untuk memenuhi selera konsumen pada
type skuter matic yang bisa pengoperasian rem double system.
Vario
techno CBS yang di keluarkan pada semester dua tahun lalu selama kurun waktu
yang sama terjual 130.968 unit atau 20% dari total penjualan skutik Honda
sepanjang periode yang sama. Dengan kondisi seperti itu PT. AHM mengalami
kelebihan permintaan dari konsumen yang sangat besar terhitung dari 2009 sampai
sekarang 2010 penjualan motor type skuter matic honda vario cbs techno,
beberapa faktor yang menentukan konsumen memiliki dan menggunakan skuter matic
vario cbs techno di pengaruhi oleh faktor sikap, dan perilaku konsumen dalam
memiliki sepeda motor Honda Vario CBS techno.
Untuk
memenuhi selera konsumen sepeda motor Honda Vario CBS techno, maka ada beberapa
hal yang perlu diperhatikan dari sikap konsumen dalam memilih produk dari Honda
itu sendiri, seperti sepeda motor Honda ini memiliki kenyaman dalam berkendara,
yang lebih terpenting untuk saat ini adalah irit bahan bakarnya atau tidak,
dengan seperti itu konsumen telah menentukan sikap pembeliaan sepeda motor
Honda yang sudah terkenal dengan irit bahan bakarnya.
Peranan
merek bukan lagi sekedar bagian nama ataupun pembedaan dengan produk-produk
pesaing, tetapi sudah menjadi bagian dari faktor penentu dari keunggulan
bersaing dan menjadi asset yang bernilai ekonomis. Sebuah merek yang mencapai
ekuitas tertinggi merupakan asset yang berharga bagi perusahaan.
Perilaku
konsumen sangat mempengaruhi penjualan produk ini, sehingga PT.AHM selalu
melakukan inovasi-inovasi yang canggih agar tidak kalah saing dengan industri
otomotif yang ada sebagai pesaing disekitarnya. Perilaku konsumen adalah proses
dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah
(low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.
Hingga
saat ini pun produk Honda masih sangat diminati oleh banyak konsumen setia nya.
Karena Honda selalu mengeluarkan produk motor dengan berbagai inovasi terbaru
yang sangat disukai oleh konsumen. Design yang elegant, irit bahan bakar, aman
dan nyaman saat berkendara. Honda juga sangat mengutamakan kebutuhan konsumen
nya, selain itu juga harga nya masih bersahabat dengan kantong konsumen.
Referensi:
MATIC
HONDA UEU-undergraduate-3858-Bab1.pdf-Adobe Reader
Tidak ada komentar:
Posting Komentar