Febriani Ega P.
12212856
3 EA 24
Pengaruh Kebudayaan Terhadap
Pembelian Produk Mie Instan
Di
abad modern sekarang ini, banyak manusia yang dalam kehidupannya mengiginkan sesuatu
yang praktis dan mudah untuk
dilaksanakan. Dalam hal ini yang paling utama adalah di bidang pangan, dimana
mereka menginginkan suatu kemudahan dalam memperoleh dan mengolah makanan
tersebut tanpa harus membuang waktu yang mereka miliki. Dengan adanya kejadian
seperti ini produsen makanan selalu berlomba dan terus melakukan pengembangan
produk makanan yang ada.
Produk
mie instan sebagaimana diketahui adalah salah satu produk makanan cepat saji yang
semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena kemudahan dalam hal penyajiannya.
Dengan semakin banyaknya produk mie instan yang ada di pasaran berarti
memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai dengan
keinginannya.
Oleh
karena itu perlu bagi perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen produk
tersebut untuk mengetahui pola pembeliannya. Lebih jauh lagi produsen dalam
mendistribusikan produknya ke pasar konsumen berusaha agar produknya dapat
diterima sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.
Untuk
saat ini sudah banyak varian rasa yang telah tersedia di pasar untuk memenuhi kebutuhan
para pecinta mie instan tersebut. Masing-masing produsen mempunyai produk
unggulan yang digemari oleh setiap konsumen mereka. Pada setiap bungkus dari
mie instan tersebut mempunyai karakteristik yang mewakili rasa dari produk itu sendiri.
Keanekaragaman
konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai
faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen. Beberapa
faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor
budaya, sosial, pribadi dan psikologis.
Sangat
bagus sekali produsen indomie memproduksi berbagai macam rasa pada produk mie
nya. Terutama untuk rasa yang mencirikhas kan kuliner Indonesia. Hampir semua
produk mie menciptakan inovasi rasa khas tradisional kuliner Indonesia maupun
rasa dari kuliner luar negeri.
Banyak
ketertarikan konsumen untuk membeli dan mencoba nya. Alhasil, banyak yang
menyukai dan ketagihan karena rasa nya yang sangat mirip dengan makanan asli
nya walaupun di buat dalam bentuk rasa mie instan.
Menurut
saya, masih banyak lagi varian rasa yang harus di ciptakan oleh produsen mie
instan pasti nya harus dengan cita rasa yang lezat agar para konsumen pun
tertarik untuk mencoba nya. Tidak hanya sekedar mencoba nya, tapi juga menjadi
pelanggan setia untuk membeli produk dan merk tersebut.
Tetapi
pada produsen juga harus tetap memikirkan kandungan gizi dari setiap mie yang
di produksi nya, karena masyarakat saat ini mulai banyak yang memikirkan kan
memilih kandungan gizi yang baik untuk kesehatan nya, disamping itu mie juga
dikenal kurang baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun begitu, mie instan masih
banyak sekali peminatnya di Indonesia.
referensi: jurnal dan artikel mengenai ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK INDOMIE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar