Senin, 26 Januari 2015

inovasi pada perilaku konsumen


Febriani Ega P.
12212856
3 EA 24

INOVASI MOTOR MATIC HONDA

Perkembangan industri otomotif akhir akhir ini mengalami kemajuan pesat terlihat tingginya nilai penjualan otomotif. Hal ini disebabkan karena tingginya permintaan konsumen yang mendorong sebuah produsen membuat inovasi yang baru serta mempunyai daya beli masyarakat yang tinggi, semakin beraneka ragam kebutuhan manusia serta semakin berkembang teknologi yang ada. Mendorong perusahaan-perusahaan industri otomotif untuk mendesain hasil pabrikannya agar sesuai di hati konsumen. Perusahaan di era globalisasi harus dapat meningkatkan mutu agar bisa mempertahankan posisinya di tengah persaingan industri otomotif yang ada sekarang ini.
PT. ASTRA HONDA MOTOR ( AHM ) adalah perusahaan yang bergerak dibidang Industri otomotif dan spareparts motor Honda, tetapi dalam skripsi ini menekankan pada varian Honda yang berjenis skuter matic Honda Vario CBS techno, pada tahun 2009 akhir produk skuter matic ini di keluarkan untuk memenuhi selera konsumen pada type skuter matic yang bisa pengoperasian rem double system.
Vario techno CBS yang di keluarkan pada semester dua tahun lalu selama kurun waktu yang sama terjual 130.968 unit atau 20% dari total penjualan skutik Honda sepanjang periode yang sama. Dengan kondisi seperti itu PT. AHM mengalami kelebihan permintaan dari konsumen yang sangat besar terhitung dari 2009 sampai sekarang 2010 penjualan motor type skuter matic honda vario cbs techno, beberapa faktor yang menentukan konsumen memiliki dan menggunakan skuter matic vario cbs techno di pengaruhi oleh faktor sikap, dan perilaku konsumen dalam memiliki sepeda motor Honda Vario CBS techno.
Untuk memenuhi selera konsumen sepeda motor Honda Vario CBS techno, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari sikap konsumen dalam memilih produk dari Honda itu sendiri, seperti sepeda motor Honda ini memiliki kenyaman dalam berkendara, yang lebih terpenting untuk saat ini adalah irit bahan bakarnya atau tidak, dengan seperti itu konsumen telah menentukan sikap pembeliaan sepeda motor Honda yang sudah terkenal dengan irit bahan bakarnya.
Peranan merek bukan lagi sekedar bagian nama ataupun pembedaan dengan produk-produk pesaing, tetapi sudah menjadi bagian dari faktor penentu dari keunggulan bersaing dan menjadi asset yang bernilai ekonomis. Sebuah merek yang mencapai ekuitas tertinggi merupakan asset yang berharga bagi perusahaan.
Perilaku konsumen sangat mempengaruhi penjualan produk ini, sehingga PT.AHM selalu melakukan inovasi-inovasi yang canggih agar tidak kalah saing dengan industri otomotif yang ada sebagai pesaing disekitarnya. Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.
Hingga saat ini pun produk Honda masih sangat diminati oleh banyak konsumen setia nya. Karena Honda selalu mengeluarkan produk motor dengan berbagai inovasi terbaru yang sangat disukai oleh konsumen. Design yang elegant, irit bahan bakar, aman dan nyaman saat berkendara. Honda juga sangat mengutamakan kebutuhan konsumen nya, selain itu juga harga nya masih bersahabat dengan kantong konsumen.

Referensi:
MATIC HONDA UEU-undergraduate-3858-Bab1.pdf-Adobe Reader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar