Senin, 26 Januari 2015

pengaruh kebudayaan terhadap pembelian konsumen


Febriani Ega P.
12212856
3 EA 24

Pengaruh Kebudayaan Terhadap Pembelian Produk Mie Instan

Di abad modern sekarang ini, banyak manusia yang dalam kehidupannya mengiginkan sesuatu  yang praktis dan mudah untuk dilaksanakan. Dalam hal ini yang paling utama adalah di bidang pangan, dimana mereka menginginkan suatu kemudahan dalam memperoleh dan mengolah makanan tersebut tanpa harus membuang waktu yang mereka miliki. Dengan adanya kejadian seperti ini produsen makanan selalu berlomba dan terus melakukan pengembangan produk makanan yang ada.
Produk mie instan sebagaimana diketahui adalah salah satu produk makanan cepat saji yang semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena kemudahan dalam hal penyajiannya. Dengan semakin banyaknya produk mie instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai dengan keinginannya.
Oleh karena itu perlu bagi perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen produk tersebut untuk mengetahui pola pembeliannya. Lebih jauh lagi produsen dalam mendistribusikan produknya ke pasar konsumen berusaha agar produknya dapat diterima sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.
Untuk saat ini sudah banyak varian rasa yang telah tersedia di pasar untuk memenuhi kebutuhan para pecinta mie instan tersebut. Masing-masing produsen mempunyai produk unggulan yang digemari oleh setiap konsumen mereka. Pada setiap bungkus dari mie instan tersebut mempunyai karakteristik yang mewakili rasa dari produk itu sendiri.
Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis.
Sangat bagus sekali produsen indomie memproduksi berbagai macam rasa pada produk mie nya. Terutama untuk rasa yang mencirikhas kan kuliner Indonesia. Hampir semua produk mie menciptakan inovasi rasa khas tradisional kuliner Indonesia maupun rasa dari kuliner luar negeri.
Banyak ketertarikan konsumen untuk membeli dan mencoba nya. Alhasil, banyak yang menyukai dan ketagihan karena rasa nya yang sangat mirip dengan makanan asli nya walaupun di buat dalam bentuk rasa mie instan.
Menurut saya, masih banyak lagi varian rasa yang harus di ciptakan oleh produsen mie instan pasti nya harus dengan cita rasa yang lezat agar para konsumen pun tertarik untuk mencoba nya. Tidak hanya sekedar mencoba nya, tapi juga menjadi pelanggan setia untuk membeli produk dan merk tersebut.
Tetapi pada produsen juga harus tetap memikirkan kandungan gizi dari setiap mie yang di produksi nya, karena masyarakat saat ini mulai banyak yang memikirkan kan memilih kandungan gizi yang baik untuk kesehatan nya, disamping itu mie juga dikenal kurang baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun begitu, mie instan masih banyak sekali peminatnya di Indonesia.

referensi: jurnal dan artikel mengenai ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK INDOMIE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar